Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Siti, Nurhikmah
Febrian, Febrian
Mirta, Fera
Subject
510 Mathematics/Matematika
Datestamp
2021-07-21 11:50:00
Abstract :
Kurangnya pemanfaatan budaya terhadap pembelajaran di sekolah membuat budaya
perlahan dilupakan. Sehingga diperlukan suatu penelitian dengan tujuan untuk
mengeksplorasi etnomatematika ragam corak ukiran khas Melayu Kepulauan Riau
yang dikaitkan dengan konsep matematika sekolah yang terkandung ke dalam
Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desain etnografi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi dengan instrumen utama yaitu peneliti dengan berbantuan isntrumen
pendamping yaitu lembar observasi dan wawancara. Penentuan sumber data dalam
penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan
sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Terdapat beberapa aktivitas matematika dalam ragam corak ukiran khas Melayu
Kepulauan Riau yaitu aktivitas mengukur, aktivitas menghitung dan aktivitas
mendesain pada proses pembuatan corak dari tahap pengukuran, perkiraan jumlah
corak yang akan dibuat dan keunikan teknik pendesainan dari masing-masing corak
ukiran khas Melayu Kepulauan Riau. 2) Terdapat konsep matematika sekolah dalam
Kurikulum 2013 pada ragam corak ukiran khas Melayu Kepulauan Riau yang dapat
diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah yaitu : bangun datar dan
bangun ruang, pecahan, perbandingan, kongruenan, simetri dan transformasi
geometri