Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Puspita, Sari
Linda, Rosmery
Febrian, Febrian
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 12:01:38
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
perbedaan nilai rata-rata tes hasil belajar antara siswa yang menggunakan model
TAI (Team Assited Individualization) dan siswa yang menggunakan model
konvensional serta mengetahui bagaimana penggunaan model TAI (Team Assited
Individualization dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan
lingkaran kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang Tahun
ajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain
Nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas
eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa
dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata gain kelas eksperimen yang
menggunakan model TAI (Team Assited Individualization) lebih tinggi dari ratarata gain kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Dimana rata -rata
gain kelas eksperimen sebesar 0.587764 dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar
0.381329. Selain itu berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent
sample t-test dengan bantuan software SPSS diperoleh ouput pada kolom sig (2 -tailed) dibagi 2 menunjukkan nilai sig < 0,0005.yang artinya, peningkatan hasil
belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan
model TAI (Team Assited Individualization) lebih tinggi dari pada yang
memperoleh pembelajaran matematika dengan menerapkan model konvensional
pada materi persamaan lingkaran kelas XI SMK Negeri 3 Tanjungpinang.