Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Yoga, Suhendra
Lia, Suprihartini
Firmansyah, Kusasi
Subject
910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Datestamp
2021-07-21 13:28:51
Abstract :
Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah
Pengaruh dari Electronic Word Of Mouth, lokasi, Fasilitas dan Motivasi terhadap
Keputusan Berkunjung pada Wisata Pemancingan Poyotomo. Jenis penelitian
yang ada dalam skripsi ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh pengunjung objek Wisata Pemancingan Poyotomo kabupaten Bintan. Kemudian menentukan sampel dengan teknik non probability sampling dan
menggunakan rumus slovin sehingga sampel dalam penelitian ini 100. Data
analisis dengan menggunakan regresi linear berganda, termasuk uji t, uji F dan
koefisien determinasi. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel
Electronic Word Of Mouth (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Berkunjung (X2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung
(X3) Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (X4)
Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Berdasarkan uji
F nilai probabilitas sig 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa secara bersama-sama
Electronic Word Of Mouth, Lokasi, Fasilitas, dan Motivasi berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Berdasarkan uji koefisien
determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R
2) sebesar 0,468 dapat diartikan bahwa
pengaruh Electronic Word Of Mouth , Lokasi, Fasilitas, dan Motivasi terhadap
Keputusan Berkunjung adalah sebesar 46.8%. Sisanya sebesar 53.2% dipengaruhi
oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini