Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Atika, Rosifa
Lia, Suprihartini
Roni, Kurniawan
Subject
910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Datestamp
2021-07-21 14:38:00
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap
kepuasan pengunjung melalui keputusan berkunjung, pengaruh electronic word of
mouth terhadap kepuasan pengunjung melalui keputusan berkunjung, pengaruh
nilai pelanggan dan electronic word of mouth secara parsial terhadap keputusan
berkunjung, pengaruh nilai pelanggan dan electronic word of mouth secara
pasrsial terhadap kepuasan pengunjung dan pengaruh keputusan berkunjung
terhadap kepuasan pengunjung. Penentuan sampel menggunakan metode
insidental sampling, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus
slovin hingga didapat sebanyak 96 responden. Metode analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik,
analisis jalur (path analysis), dan uji hipotesis. Hasil analisis pada penelitian ini
menunjukan bahwa nilai pelanggan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pengunjung. Electronic word of mouth secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Nilai pelanggan secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Electronic word of mouth
secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung.
Keputusan berkunjung tidak mampu memediasi antara nilai pelanggan terhadap
kepuasan pengunjung dan keputusan berkunjung juga tidak mampu memediasi
antara electronic word of mouth terhadap kepuasan pengunjung. Berdasarkan hasil
penelitian, diharapkan new marjoly beach and resort dapat mempertahankan serta
meningkatkan kepuasan pengunjung dengan memperhatikan faktor-faktor apa saja
yang dapat menunjang nilai pelanggan dan electronic word of mouth