Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
nurasikin, nurasikin
Hj. Iranita, Iranita
Roni, Kurniawan
Subject
332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
Datestamp
2021-07-21 14:43:23
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Orientasi Kewirausahaan,
Lingkungan Bisnis, Media Sosial dan Self Efficacy Terhadap Perkembangan
UMKM Sektor Maritim Kota Tanjungpinang. Populasi didalam penelitian ini
adalah sebanyak 36 pelaku usaha kerupuk di Kota Tanjungpinang. Pengambilan
sampel dengan teknik jenuh, Maka jumlah sampel sebanyak 36 pelaku usaha
kerupuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada kuesioner
dilakukan test validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis
regresi linear berganda, termasuk uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable Orientasi Kewirausahaan
(X1), Lingkungan Bisnis (X2), Media Sosial (X3) dan Self Efficacy (X4)
berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan UMKM (Y). Hasil uji F diperoleh
nilai F hitung 760.292 dengan nilai F tabel 2.68 mengidentifikasikan bahwa
variabel Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan Bisnis, Media Sosial dan Self
efficacy secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Perkembangan
UMKM (Y). Berdasarkan uji koefisien determinasi, sekitar 98.9% variabel
Perkembangan UMKM dipengaruhi oleh variabel Orientasi Kewirausahaan,
Lingkungan Bisnis, Media Sosial dan Self efficacy. Sisanya 1.1% dipengaruhi
oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan didalam penelitian ini