Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Barry Gunawan, Manalu
Iranita, Iranita
Nurhasanah, Nurhasanah
Subject
363.8 Food Supply/Persediaan Bahan Makanan
Datestamp
2021-07-21 15:36:52
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana tempat terhadap loyalitas
pelanggan dengan kepuasan, pengaruh inovasi makanan terhadap loyalitas pelanggan
dengan kepuasan, pengaruh suasana tempat dan inovasi makanan secara parsial
berpengaruh terhadap kepuasan, pengaruh suasana tempat dan inovasi makanan
secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh kepuasan
terhadap loyalitas pelanggan. Populasi pada penelitian ini seluruh pelanggan yang
datang ke Restoran Nelayan pada saat penelitian. Penentuan sampel menggunakan
metode non probability sampling dengan purposive sampling dengan teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan rumus iterasi hingga didapat 100
responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari angket/kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis),
dan uji hipotesis. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan
mampu memediasi antara suasana tempat terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan
mampu memediasi antara inovasi makanan terhadap loyalitas pelanggan, suasana
tempat berpengaruh terhadap kepuasan, inovasi makanan berpengaruh terhadap
kepuasan, suasana tempat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, inovasi
makanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, Restoran Nelayan
diharapkan dapat terus meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memperhatikan
faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penunjang kualitas pelayanan atau inovasi
makanan dan pengaruh dari suasana tempat itu sendiri