DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO PADA KEMAHIRAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII.2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Gracecia Olivia, Manurung
Abdul, Malik
Indah, Pujiastuti
Subject
070.18 Documentary Films, Educational Films/Film Dokumenter, Film Pendidikan 
Datestamp
2021-07-22 02:51:57 
Abstract :
Penelitian ini melihat pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tanjungpinang yang masih kurang dalam pembelajaran menulis puisi. Faktor yang mejadikan siswa sulit dalam penulisan puisi yaitu pemilihan diksi pada puisi belum tepat dan masih menggunakan kata denotatif, pemilihan majas yang belum bisa menimbulkan makna kias dan kaya akan makna (prismastis). Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan model Experiential Learning berbantu media video siswa kelas VIII.2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tanjungpinang. Penerapan model pembelajaran dengan bantuan media video akan dilihat memberikan keefektifan terhadap kemahiran menulis puisi atau tidak dari hasil pretest dan posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan peneliti adalah eksperimen dengan teknik nonprobability sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes unjuk kerja. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 61,05, sedangkan hasil posttest yaitu 75,1. Berdasarkan uji ?t dengan taraf signifikansi 0,05%, nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikansi (0,000<0,05) yang menandakan bahwa terdapat keefektifan model Experiential Learning berbantu media video pada kemahiran menulis puisi siswa kelas VIII.2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tanjungpinang tahun pelajaaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji