DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PRESUPPOSISI WACANA IKLAN MINUMAN DAN MAKANAN RINGAN PADA JEDA ACARA TELEVISI TALK SHOWMATA NAJWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Endang, Striyana
Indah, Pujiastuti
Wahyu, Indrayatti
Subject
770 - 779 Photography and Photographs (Seni Fotografi dan Foto) 
Datestamp
2021-07-22 03:57:14 
Abstract :
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis presu pposisi wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara televisiTalk Show Mata Najwa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan presupposisi wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara televisi Talk Show Mata Najwa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Objek penelitian ini adalah wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara Talk Show Mata Najwa yang dimulai dari Oktober hingga Desember 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah metode simak dalam pelaksanaan penjaringan data metode simak diwujudkan melalui teknik dasar dan teknik lanjutkan. Teknik dasar metode simak menggunakan teknik sadap sedangkan teknik lanjutannya menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa presupposisi pada wacana iklan minuman dan makanan ringan pada jeda acara televisi Talk Show Mata Najwa ditemukan berbagai macam presupposisi minuman dan makanan ringan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terlihat bahwa pada wacana iklan minuman dan makanan ringan jenis presupposisi non faktif adalah presupposisi yang paling dominan diantara presupposisi lainnya peneliti juga menemukan presupposisi eksistensial, presupposisi faktif, presupposisi struktural dan presupposisi konterfaktual dan peneliti tidak menenemukan presupposisi leksikal pada wacana iklan minuman. Selanjutnya pada wacana iklan makanan ringan peneliti menemukan presupposisi eksistensial, presupposisi faktif, presupposisi non faktif, presupposisi struktural dan presupposisi leksikal dan peneliti tidak menenemukan presupposisi konterfaktual pada wacana iklan makanan ringan 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji