Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Yolanda Juliaty, Nababan
Akhirman, Akhirman
Roni, Kurniawan
Subject
339.17 Agricultural Commodities, Agricultural Products/Komoditas Pertanian, Produksi Pertanian
Datestamp
2021-07-22 03:56:08
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran UKM lebih luas lagi,
membuat pelaku usaha yang hanya dari pemasaran konvensional menjadi
pemasaran digital yaitu dapat memasarkan produk nya dari mana saja dan kapan
saja melalui internet. Dalam urutan negara didunia, Indonesia menduduki
peringkat ke enam terbesar pengguna internet. Perkembangan dunia internet di
Indonesia saat ini sudah semakin pesat dan membuat persaingan usaha semakin
besar sehingga pelaku usaha harus sadar akan digital dan menerapkannya di
usaha yang dijalankan. Kemudahan dalam berbelanja melalui internet membuat
masyarakat banyak menjadikan internet sebagai tempat berbelanja. UKM Yona
Buah adalah UKM yang bergerak dibidang perdagangan seperti buah dan sayur
organik dan olahannya. Dalam pemasaran online UKM ini fokus pada buah dan
olahannya. Target pemasaran UKM Yona Buah semua kalangan golongan bisa
menjadi sasaran target UKM ini. Pemanfaatan digital ini seperti sosial media
,wesbsite dan aplikasi android sebagai saluran komunikasinya. Penelitian
menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan sample purposive.
Berdasarkan hasil pemasaran digital dapat membantu UKM Yona Buah dan bisa
dipertahankan dan terus berupaya mengembangkan dengan konsisten. Hal ini
menunjukkan UKM Yona Buah merupakan usaha yang potensial dikembangkan
dan dijalankan