Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Jimmi, Suryadi
Suhardi, Suhardi
Siti, Habiba
Subject
410. Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia
Datestamp
2021-07-22 04:26:01
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Siantan Kabupaten AnambasTahun Pelajaran 2018/ 2019.Untuk mencapai tujuan
tersebut digunakan metode deskriptifdenganpendekatan kuantitatif. Metode
deskriptif kuantitatif adalah metode yang membicarakan beberapa kemungkinan
untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data, menyusun data,
menganalisis, dan menginterpretasikannya dan teknik yang menggunakan angka,
mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan
dari hasilnya.
Teknik penarikan sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 30% dari
jumlah populasi sebanyak 136 siswa dari 5 kelas dan setiap kelas masing-masing
berjumlah 41 siswa. Adapun hasil tes, siswa yang mendapat nilai dengan
keterangan gagal dalam kemampuan membaca berjumlah 1 siswa (2.43%),
sedangkan siswa yang mendapat nilai dengan keterangan kurang dalam
kemampuan membaca berjumlah 6 siswa (14.63%); siswa yang memiliki nilai
dengan keterangan cukup dalam kemampuan membaca berjumlah 28 siswa
(6.82%), siswa yang memiliki nilai kemampuan membaca dengan keterangan baik
berjumlah 4 siswa (9.75%) dan siswa yang memiliki nilai kemampuan membaca
dengan keterangan baik sekali berjumlah 2 siswa (4.87%).Hal ini berarti hipotesis
diterima.
Jadi, simpulan yang dapat diambil oleh peneliti berdasarkan nilai
kemampuanmembaca pemahaman siswa adalah tergolong ?cukup? dengan nilai
rata-rata 70.48.Hal ini membuktikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima
karena dilihat dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa
kemampuanmembaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantan,
Kabupaten Anambas tahun 2018/2019 tergolong cukup