DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis Kontekstual Pada Sub Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Untuk SMP Muhammadiyah 03 Medan T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Model Missouri Mathematics Project (MMP), Kontekstual, perangkat pembelajaran Aritmatika sosial 
Datestamp
2020-11-11 01:21:41 
Abstract :
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah perangkat pembelajaran matematika model Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual pada sub pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII yang sesuai dengan kurikulum 2013 sudah dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk : Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Missouri Mathematics Project (MMP) bebasis kontekstual pada sub pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan terdiri dari 1 kelas kecil berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII karena sesuai dengan materi pembelajaran yaitu Aritmatika Sosial. Pada penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar (THB) yang kemudian akan di validkan kepada lima validator yaitu dua orang dosen matematika dan tiga orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media dan Tes Hasil Belajar (THB) dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual pada sub pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian guru matematika dosen matematika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 4,65 untuk RPP, 4,66 untuk Bahan Ajar, 4,68 untuk LKPD, 4,52 untuk Media dan 4,68 untuk THB. Berdasarkan pada hasil Tes Hasil Belajar siswa dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik dengan persentase ketuntasan mencapai 90%. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara