DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Pembelajaran Variatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Mas AlWashliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2017-2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Metode pmbelajaran variatif dan hasil belajar 
Datestamp
2020-11-11 01:54:09 
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui penggunaan metode variatif yang berupa metode Diskusi dan Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPS-B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran variatif yang berupa metode Diskusi dan Demonstrasi pada kelas XI IPS-B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitin ini adalah siswa kelas XI IPS-B MAS ALWASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 yang terdiri dari 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran variatif yang berupa metode Diskusi dan Demonstrasi dengan pokok bahasan Fungsi Komposisi . Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu untuk mengetahui kemampuan hasil belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran variatif yang berupa metode Diskusi dan Demonstrasi. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat tingkat ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 5 orang siswa (18%) yang tuntas serta 23 orang siswa (82%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 13 orang siswa (46,4%) yang tuntas, sedangkan 15 orang siswa (53,6%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 orang siswa (89,2%) yang tuntas, sedangkan 3 orang siswa (10,8%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari tes awal memperoleh rata-rata sebesar1,73, pada siklus I memperoleh rata-rata 2,2 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 2,8 Hasil ketuntasan belajar matematika dan observasi aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus I, siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan metode pembelajaran variatif pada siswa MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG meningkat ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara