DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Berpikir Kritis 
Datestamp
2020-11-11 01:56:32 
Abstract :
Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran creative problem solving. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 11 siswa (30,50%) yang tuntas serta 25 siswa (69,50%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (52,77%) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 siswa (66,44%) yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 32 siswa (88,88%) yang tuntas. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 1,75 kategori cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,6 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata sebesar 3,66 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving pada siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara