DETAIL DOCUMENT
Pelaksanaan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta Didik Di Kelas Xii Akuntansi Smk Taman Siswa Medan T.P 2018/ 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
efektivitas 
Datestamp
2020-03-01 07:21:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi bimbingan konseling dalam meningkatkan etika pergaulan di sekolah kelas XII Akuntansi SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa Preeksperimental dengan desain one grup pretest-posttest design, jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi yang berjumlah 30 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 30 siswa dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil etika pergaulan peserta didik dikelas XII Akuntani SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020, sebelum diberikan perlakuan (pretest) dapat dikatakan keadaan etika pergaulan peserta didik berada pada tingkat cenderung rendah yaitu berada pada skor rata-rata 68,56. Setelah diberikan perlakuan (posttest) maka etika pergaulan dikelas XII Akuntansi mengalami peningkatan yang cenderung tinggi dengan skor rata-rata 80,26. Dari hasil perhitungan diperoleh = 5,425 dengan menggunakan taraf signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n - 1. Maka diperoleh perhitungan dengan nilai = 5,425 dan nilai = 1,699 karena nilai > (5,425> 1,699) maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “terdapat keefektifan yang signifikan pelaksanaan bimbingan konseling melalui layanan informasi untuk meningkatkan etika pergaulan peserta didik dikelas XII Akuntansi SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara