DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Hasil Belajar Matematika 
Datestamp
2020-11-11 02:24:28 
Abstract :
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI MP-3 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas XI MP-3 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MP-3 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi siswa, lembar observasi guru serta tes siklus I dan siklus II yang keduanya berjumlah 20 soal. Teknik analisis data melalui menghitung rata-rata nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil observasi. Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah nilai hasil belajar pada test siklus I yaitu 65,17 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50 hasil ketuntasan 51,72%, Sedangkan pada test siklus II yaitu 75,86 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65 dan hasil ketuntasan 93,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terbukti dapat meningkatkan ketutasan hasil belajar matematika siswa di kelas XI MP-3 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara