DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah pada Siswa SMP Swasta Al - Hikmah Medan T.P 2017/2018.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Penelitian pengembangan 
Datestamp
2020-11-11 02:57:24 
Abstract :
Penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi Kubus dan Balok untuk siswa SMP kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yakni analisis, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Al Hikmah Medan Kelas VIII-5 dengan menggunakan skala kelas kecil senbanyak 10 orang siswa. Kelayakan Perangkat pembelajaran merujuk pada hasil penilaian Perangkat oleh para ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi kubus dan balok dengan pendekatan berbasis masalah yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid/layak digunakan untuk siswa SMP kelas VIII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan baik. Hasil penilaian RPP oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan Baik. Hasil penilaian Bahan Ajar oleh ahli diperoleh nilai 4,4 dengan kategori kelayakan Baik. Hasil penilaian LKPD oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan Baik. Hasil penilaian Media oleh ahli diperoleh nilai 4,3 dengan kategori kelayakan Baik. Hasil penilaian evaluasi oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan Baik Analisis nilai tes hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasan klasikal siswa pada tes hasil belajar siswa sebesar 80%. Berdasarkan analisis Tes Hasil Belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa tes hasil belajar yang dikembangkan memiliki kriteria “Tuntas” 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara