DETAIL DOCUMENT
Analisis Keefektifan Belajar Dengan Menggunakan Teknik Respon Terinci Pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Analisis keefektifan 
Datestamp
2020-11-11 03:10:01 
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana keefektifan belajar matematika ditinjau dari hasil belajar dengan menggunakan teknik respon terinci pada siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 64 orang, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII-C yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes uraian yang berjumlah 5 soal. Dari analisa data diperoleh ketuntasan belajar matematika siswa menggunakan Teknik Respon Terinci pada siswa Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018 adalah “Sangat Baik”. Dari 28 orang siswa ada 25 orang atau 89,28% telah mencapai ketuntasan belajar. Aktivitas belajar matematika siswa menggunakan Teknik Respon Terinci pada siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.P 2017/2018 “efektif” karena seluruh indikator memenuhi kriteria batasan efektivitas siswa. Ketercapaian keefektifan kemampuan guru menggunakan tenkin respon terinci Medan T.P 2017/2018 adalah “efektif” dengan kriteria persentase 71%. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara