DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Instruction pada Siswa SMAS Persiapan Stabat T.P 2017/2018,
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Pengembangan KemampuanPemecahanMasalahMatematika 
Datestamp
2020-11-11 03:13:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model problem based instruction pada materi program linear untuk siswa SMAS Persiapan Stabat kelas XI. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan pembelajaran matematika mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) serta sevaluasi (Evaluation). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI - MIA SMAS Persiapan Stabat. Instrumenyang digunakan untuk mengukur kualitas pembelajaran matematika yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, LKPD, Bahan Ajar, Perangkat Penilaian. Kualitas kevalidan pembelajaran matematika dengan memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,2 dari skor maksima l5,0 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata LKPD yaitu 4,2 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,2 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata Perangkat Penilaian yaitu 4,4 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan pembelajaran matematika memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 90,5 % dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan pembelajaran matematika memenuhi criteria efektif berdasarkan persentaserata rata kemampuan pemecahan masalah 84 % dari maksimal 100 % dengan criteria sangat baik. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara