DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Siswa MTs Al Washliyah Kolam T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Efektivitas 
Datestamp
2020-11-11 03:21:33 
Abstract :
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran dengan model snowball throwing efektif dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas lingkaran ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, respon siswa terhadap pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Kolam T.P 2017/2018? (2) Apakah ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, respon siswa terhadap pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai ≥ 80%?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model snowball throwing efektif dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas lingkaran ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, respon siswa terhadap pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Kolam T.P 2017/2018. (2) Untuk mengetahui apakah ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, respon siswa terhadap pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai ≥ 80%. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al Washliyah kolam yang terdiri dari 4 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Pada penelitian ini diperoleh (1) hasil ketuntasan belajar siswa tercapai karena terdapat 90,91% siswa tuntas (dari 33 siswa, 30 yang tuntas), hasil uji gain didapat g faktor dari kelas eksperimen berada dalam kategori tinggi sebesar 80%, aktivitas belajar siswa tercapai karena terdapat 86,40% yang berarti efektif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tercapai karena sebesar 86,9% yang berarti efektif, respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan persentase 80,5% yang berarti efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Kolam T.P 2017/2018 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara