DETAIL DOCUMENT
Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Solving Berbantuan Peta Konsep di SMA Tamansiswa Medan T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Eksperimen pembelajaran,Model Problem Solving Berbantuan Peta Konsep 
Datestamp
2020-11-11 03:45:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem solving berbantuan peta konsep lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan matriks. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode problem solving berbantuan peta konsep, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 4,056384 sedangkan ttabel = 1,98 untuk α = 0,05 dan db = 69. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan metode problem solving berbantuan peta konsep lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan matriks. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 65,61% sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas kontrol sebesar 53,23%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving berbantuan peta konsep pada pokok bahasan matriks , maka diharapkan model pembelajaran ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara