Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran complete sentence (melengkapi kalimat) terhadap kemampuan
menulis paragraf deskriptif oleh siswa kelas X MAN 1 MEDAN tahun
pembelajaran 2016-2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1
MEDAN yang berjumlah 214 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X Mia 1 dan X Mia 2 dengan masing-masing kelas berjumlah
42 dan 31 siswa. Penelitian ini telah ditentukan sebelumnya menggunakan teknik
simple random sampling. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah
eksperimen kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah postes berbentuk soal
kalimat yang belum lengkap pada materi paragraf deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh : a) mean (rata-rata) nilai kelas
eksperimen sebesar 74,76 dan termasuk kategori baik, sedangkan kelas kontrol
sebesar 56,82 dan termasuk kategori kurang baik. b) standar deviasi dan standar
error kelas eksperimen sebesar 11,66 dan 2,12, sedangkan kelas kontrol 10,76 dan
2,05. c) pengujian hipotesiss menyatakan (6,10) > (1,9946).
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran complete sentence (melengkapi kalimat) terhadap
kemampuan menulis paragraf deskriptif oleh siswa kelas X MAN 1 MEDAN
tahun pembelajaran 2016-2017. Pengaruh tersebut didukung oleh proses
pembelajaran kedua kelas sampel, bahwa pada kelas eksperimen menerapkan
langkah-langkah praktis yang mendorong siswa aktif belajar secara kelompok,
sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan langkah-langkah praktis yang dapat
mengaktifkan siswa untuk belajar.