DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pemasaran Relasiopnal Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Ajb Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Medan Cabang Medan Baru
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Pemasaran Relasional 
Datestamp
2020-11-10 05:27:20 
Abstract :
loyalitas Nasabah adalah suatu prilaku konsumen untuk memilih alternatif penyedia produk/jasa yang terbaik dan menetapkan komitmen mereka secara mendalam dan positif ditunjukan dengan pembelian berulang dari salah satu penyedia produk/jasa berdasarakan pada unit pengambilan keputusan pembelian dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pemasaran relasional terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah sebagai variabel intervaning. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah yang menggunakan asuransi Ajb Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Medan . data penelitian diperoleh dari angket, dengan menggunakan teknik teknik qouta sebanyak 101 responden dan di uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, model persamaan regresi dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan, Pemasaran relasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai koefisien Sig 0,002< . Pemasaran relasional berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Nasabah dengan nilai koefisien Sig 0,007< .kepuasan tidak ada pengaruh signifikan terhadap loyalitas Nasabah dengan nilai Sig 0,071 > . Pemasaran relasional terhadap loyalitas Nasabah melalui kepuasan Nasabah dengan nilai kooefisien pengaruh tidak langsung < pengaruh langsug (P1 x P3 < P2) yakni 0,0906 < 0,353. Hasil penelitian ini menunjukan kepuasan bukan merupakan variabel intervening terhadap loyalitas nasabah. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara