Abstract :
Kinerja memiliki makna yang sangat luas, bukan hanya menyatakan
sebagai hasil kerja, tetapi bagaimana juga proses kerja berlangsung. Tujuan
penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh Kepemimpinan terhadap
Kepuasan Kerja guru di Kota Medan;(2) menganalisis pengaruh Kepemimpinan
terhadap kinerja guru di Kota Medan; (3) menganalisis pengaruh Kepuasan Kerja
terhadap kinerja guru di Kota Medan; dan (4) menganalisispengaruh
Kepemimpinan terhadap kinerja yang dimediasi oleh Kepuasan Kerja padaguru di
Kota Medan.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah minimal 100 responden pada
kalangan guru di Kota Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket (kuesioner). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
analisis jalur (path analysis), uji hipotesis, dan uji asumsi klasik.
Hasil pengujian hipotesismenunjukkan (1) ada pengaruh Kepemimpinan
terhadap Kepuasan Kerja pada kalangan guru di Kota Medan adalah positif dan
signifikan; (2) ada pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja pada kalangan guru
di Kota Medan adalah positif dan signifikan; (3) ada pengaruh Kepemimpinan
terhadap kinerja pada kalangan guru di Kota Medan adalah positif dan signifikan;
dan (4) ada pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja yang dimediasi oleh
Kepuasan Kerja padakalangan gurudi Kota Medan.