Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan
Emosional dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada BPJS
ketenagakerjaan Cabang Medan Belawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 orang karyawan
pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Belawan. Berdasarkan hasil uji t
pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja diperoleh hasil uji t hitung
3,173 > t tabel 1,691 maka Ho ditolak. Sehingga ada pengaruh variabel
kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil uji t
kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan diperoleh t hitung 5,837 >
t tabel 1,691. Hasil uji F diperoleh Nilai F hitung 25,965 > F tabel 3,285
sementara F tabel beredasarkan dk = 36-2-1=33 dengan tingkat signifikan 5%
adalah 3,285 menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak, berarti Kecerdasan
Emosional (X1) dan Kepuasan kerja (X2) secara bersama-sama ada pengaruh
terhadap Kinerja Karyawan (Y) dengan signifikan 0.000 < 0.05. Nilai R Square
0,611 atau 61,1% menunjukkan 61,1% variabel Kinerja karyawan (Y) dipengaruhi
Kecerdasan emosional (X1) dan Kepuasan Kerja (X2). Sisa nya 38,9%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.