DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Media Video Klip Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Oleh Siswa Kelas Vii Mts Muhammadiyah 25 marubun Jaya Tahun Pembelajaran 2019-2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
fantasi 
Datestamp
2020-03-01 07:05:08 
Abstract :
Dalam penelitian ini masalah yang tampak adalah siswa kurang memahami menuliskan sebuah cerita fantasi yang sesuai dengan ciri-cirinya. Hal tersebut diakibatkan karena guru menggunakan media pembelajaran yang tidak bervariasi sehingga mengakibatkan siswa kesulitan menemukan ide penulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video klip terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 25 Marubun Jaya yang berjumlah 48 siswa dan tersebar dalam 2 kelas. Dalam penentuan sampel peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dan terpilih kelas VII-B berjummlah 24 Siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII-A sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes esai yaitu menulis cerita fantasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerita fantasi setelah perlakuan menggunakan media video klip memperoleh nilai ratarata 86,16 termasuk dalam kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan media video klip memperoleh nilai 54,58 termasuk dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,70 > 2,01. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media vide klip terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 25 Marubun Jaya tahun pembelajaran 2019-2020. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara