DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Tirtanadi Kota Medan Cabang Tuasan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Kualitas Pelayanan 
Datestamp
2020-11-10 07:05:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Tirtanadi cabang Tuasan Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen Pada PDAM Tirtanadi cabang Tuasan Medan. Sampel yang diambil berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, studi dokumentasi dan Questioner (Angket). Data menggunakan metode Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Uji t (uji parsial), Uji f (uji simultan), dan Koefesien Determinasi dengan bantuan software IBM Statisctic SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian secara individual pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,074 > t-tabel 2,010 dan mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian secara individual pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan diperoleh nilai t-hitung 6,066 > t-tabel 2,010 dan mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dapat disimpulkan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil uji simultan F hitung 36,311 > F tabel 3,20 dan mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan secara simultan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Tirtanadi cabang Tuasan Medan. Nilai Koefesien determinasi sebesar 77,9%, menunjukkan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk mempengaruhi Kepuasan Pelanggan sebesar 77,9% dan sisanya 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara