DETAIL DOCUMENT
Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Xi SMA Negeri 1 Takengon Tahun Pembelajraan 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Bimbingan Kelompok 
Datestamp
2020-03-01 07:08:05 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan tehnik bermain peran (Role Playing) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2017/2018 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif dengan jenis penelitaian Tindakan Kelas (PTK), Model Kurl Lewin dengan 2 (dua) siklus. Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, data yang berupa angka atau data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian data setelah penerapan metode pembelajaran ROLE PLAYING menunjukan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2017/2018 berjalan dengan efektif, Hal ini terlihat peningkatkan keaktifan belajarsiswa pada setiap tindakan. Hal ini terjadi karena setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda sehingga suasana hati setiap masing-masing siswa berbeda-beda yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2017/2018 berjalan efektif. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara