DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020”
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Hasil Belajar Matematika 
Datestamp
2020-11-10 07:46:29 
Abstract :
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga thitug (9,8162) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,0017).Ternyata thitung(9,8162) > ttabel (2,0017) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara