DETAIL DOCUMENT
Pengaruh model pembelajaran demontrasi terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2017-2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Model pembelajaran demonstrasi 
Datestamp
2020-11-11 02:23:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran demontrasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-Unggul sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-IS sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 13 dan 40 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Teknik penelitian ini menggunakan rumus mencari nilai rata-rata dan standar deviasi sebagai langkah-langkah dalam menghitung hasil data yang diperoleh oleh siswa. Instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah tes esai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengelolahan data dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran demontrasi berada pada tingkat baik sekali dan diketahui siswa paling banyak mendapat nilai 80-100 berjumlah 10 siswa. Nilai rata-rata sebesar 85,23 dikategorikan baik sekali, dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 75. Sedangkan kemampuan menulis puisi yang diajarkan dengan pembelajaran ceramah berada pada tingkat baik dan diketahui siswa paling banyak mendapat nilai 40 – 55 berjumlah 28 siswa. Nilai rata-rata sebesar 55,025 dikategorikan kurang, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 40. Berdasarkan uji-t hipotesis diterima bahwa thitung > ttabel yaitu 83,9>1,675. Ada Pengaruh Model Pembelajaran Demontrasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara