DETAIL DOCUMENT
Analisis Usahatani dan Pemasaran Kacang Panjang (Vigna Sinensis. L) Di Pasar 2 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Pemasaran Kacang Panjang 
Datestamp
2020-11-10 07:50:31 
Abstract :
Kacang panjang adalah tanaman hortikultura yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kacang panjang merupakan anggota Famili Fabaceae yang termasuk ke dalam golongan sayuran dan mengandung zat gizi cukup banyak. Kacang panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan. Ilmu usahatani adalah ilmu yang mempelajari bagaimana seorang petani menentukan, mengusahakan dan menkoordinasikan penggunaan faktor-faktor produksi secara produktif, efektif dan efisien dapat berupa lahan dan alam sekitarnya sebagai modal, agar memberikan manfaat yang sebaik-baiknya sehingga usaha tersebut memberikan pendapatan yang semaksimal mungkin. Berdasarkan dari hasil penelitian ini.(1) Dari hasil pengujian diketahui nilai determinasi ( 2 ) dari penelitian ini adalah sebesar 0,965, nilai ini mengindikasikan secara serempak antara luas lahan, bibit, pestisida dan tenaga kerja sebesar 96,5%. Secara parsial menunjukkan nilai F-Hitung 158,301.(2)Pendapatan Petani Responden Usahatani Kacang Panjang sebesar Rp. 1.094.403,- Per musim tanam.(3)Saluran pemasaran petani kacang panjang sangat pendek dan sederhana yaitu dari Petani→Agen→Konsumen. Dengan harga kacang panjang per kilogram dari agen seharga Rp. 4.907,- dan dibeli oleh konsumen melalui agen dengan harga per kilogram nya Rp. 7.000 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara