DETAIL DOCUMENT
Analisis Saluran Pemasaran Ikan Di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (Study Kasus: Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Medan)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Biaya 
Datestamp
2020-11-10 07:58:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ikan; biaya pemasaran, fisherman share dan margin pemasaran pada setiap saluran pemasaran, dan mengetahui efisiensi setiap saluran pemasaran ikan di daerah penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara. pengambilan sampel nelayan dilakukan dengan simple random sampling (secara acak), sedangkan untuk pedagang dilakukan dengan metode penelusuran. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bantuan tabulasi sederhana, rumus margin pemasaran, rumus price spread, rumus share margin dan rumus efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 saluran pemasaran ikan di daerah penelitian yang melibatkan nelayan, pedagang grosir, pedagang pengecer dan konsumen. Biaya pemasaran yang dikeluarkan lembaga pemasaran berbeda beda pada setiap salurannya. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran 2 yang mempunyai nilai efisiensi pemasaran 2,58 %. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara