DETAIL DOCUMENT
Analisis kesalahan bahasa buku teks bahasa indonesia edisi revisi 2016 siswa kelas X SMA tahun pembelajaran 2017-2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
kesalahan bahasa 
Datestamp
2020-11-10 08:50:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan buku teks Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai buku acuan dalam proses belajar mengajar terhadap kesalahan kalimat di buku teks Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia sekolah menengah atas X penerbit KEMDIKBUD dengan penulis Suherli. Buku teks adalah sesuatu yang memungkinkan siswa belajar. Belajar adalah proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berguna untuk pengembangan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana data yang di analisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis, melainkan hanya berupa deskripi yang tidak harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan bahasa yang ditemukan di dalam buku terdiri dari kesalahan dalam ciri-ciri kalimat efektif, yaitu kesatuan gagasan, kesepadanan, keparalelan, kehematan, kecermatan, kebervariasian, ketegasan, ketepatan diksi, kebenaran sutuktur dan keringkasan. Upaya untuk mengatasi kesalahan bahasa adalah peningkatan penguasaan kompetensi kaidah Bahasa Indonesia yang kompleks dan peningkatan kesadaran upaya pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia. 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara