DETAIL DOCUMENT
Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Strategi Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Awal Matematika Siswa SMK Negri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Author
Subject
Implementasi Pembelajaran Matematika 
Datestamp
2020-11-11 01:02:29 
Abstract :
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan awal matematika siswa kelas X TITL-1 SMK Negri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan kemampuan awal matematika yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas X TITL-1 SMK Negri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negri 1 Percut Sei Tuan, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X TITL-1 SMK Negri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi siswa, lembar observasi guru serta tes siklus I dan siklus II yang keduanya berjumlah 10 soal. Teknik analisis data melalui menghitung rata-rata nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil observasi. Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar kemampuan awal siswa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah nilai hasil belajar kemampuan awal pada test siklus I yaitu 77,57 dengan nilai teringgi 95 dan terendah 60 hasil ketuntasan 66,67%. Sedangkan pada test siklus II yaitu 92,90 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 70 dan hasil ketuntasan 90,91%. Dan dengan kata lain dari siklus I dan siklus II meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajar Reciprocal Teaching terbukti dapat meningkatkan kemampuan awal matematika siswa di kelas X TITL1 SMK Negri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018 

Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara