Abstract :
Saat ini sepeda listrik yang beredar di pasaran masih menggunakan energi PLN
untuk mengisi baterai, sehingga menambah biaya pengeluaran dan mengakibatkan
bertambahnya emisi karbon yang dapat merusak atmosfer bumi. Untuk mengurangi
hal tersebut, energi baru terbarukan dari energi matahari digunakan untuk sumber
pengisian ulang baterai. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis laju pengisian
dari fotovoltaik terhadap sepeda listrik sehingga mengetahui efisien atau tidak
setelah penambahan fotovoltaik dan menganalisis besar efisiensi baterai Lead Acid
24 V 17 Ah terhadap motor DC 350 W yang digunakan dalam sepeda listrik.
Metode kerja adalah penangkapan energi matahari melalui PV dan diteruskan ke
Solar Charge Controller untuk mengontrol tegangan yang dialiarkan menuju
baterai dan digunakan untuk menggerakan motor DC. Data hasil pengujian PV
energi terbesar yaitu pada jam 11.30 dengan daya 24,82 W sebelum Solar Charge
Controller dan 27 W setelah Solar Charge Controller. Pengujian efisiensi baterai
dengan dan tanpa PV dengan parameter jarak efisiensi yang paling besar yaitu pada
pengujian jarak 5 km sebesar 90% tanpa PV dan 92.9% dengan PV, berdasarkan
parameter berat efisiensi terbesar yaitu beban 0 kg, 98% tanpa PV 101,8% dengan
PV, berdasarkan parameter kecepatan efisiensi terbesar yaitu pada kecepatan 10
km/h dengan 95,8% tanpa PV 99,2% dengan PV. Dari hasil semua pengujian
semakin banyak kapasitas dihabiskan semakin kecil nilai efisiensi dan sebaliknya.
Kata Kunci : Baterai Lead Acid, Efisiensi Baterai, Motor DC, Panel Surya,
Rancang Bangun Sepeda Listrik