Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara Manajemen Kelas dengan hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Biologi. Manajemen kelas sangat penting karena secara langsung dapat
mempengaruhi kemampuan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran
dikelas dan akan sangat berdampak pada keberhasilan akademik peserta didik.
Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini
yaitu seluruh kelas XI sebanyak dua kelas yang terdiri dari 40 peserta didik. Sampel
penelitian ini yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 40 peserta dari
kelas XI MIPA 1 sebanyak 19 orang dan XI MIPA 2 sebanyak 21 orang dengan
teknik pengambilan sampel secara total sampling. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu berupa angket untuk mengukur Manajemen kelas sebanyak 24
pernyataan, dan hasil belajar peserta didik didapat melalui soal tes pilihan ganda
sebanyak 25 soal yang diberikan oleh guru. teknik analisis data yang di gunakan
yaitu uji korelasi bivariate. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
ada hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran biologi dengan koefisien korelasi (R) Sebesar 0,320. yang berarti
hubungan kedua variabel bersifat rendah.
kata kunci : Korelasi, Manajemen Kelas, Hasil Belajar