DETAIL DOCUMENT
KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di kelas XI MIPA SMA Yastic Karangtengah Kabupaten Garut, Tahun Ajaran 2022/2023)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NURAENI, YATI
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2023-07-25 03:02:22 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Manajemen Kelas dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi. Manajemen kelas sangat penting karena secara langsung dapat mempengaruhi kemampuan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas dan akan sangat berdampak pada keberhasilan akademik peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI sebanyak dua kelas yang terdiri dari 40 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 40 peserta dari kelas XI MIPA 1 sebanyak 19 orang dan XI MIPA 2 sebanyak 21 orang dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket untuk mengukur Manajemen kelas sebanyak 24 pernyataan, dan hasil belajar peserta didik didapat melalui soal tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang diberikan oleh guru. teknik analisis data yang di gunakan yaitu uji korelasi bivariate. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan koefisien korelasi (R) Sebesar 0,320. yang berarti hubungan kedua variabel bersifat rendah. kata kunci : Korelasi, Manajemen Kelas, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas Siliwangi