Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir divergen peserta didik ditinjau
dari kecerdasan logis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes berpikir divergen,
penyebaran angket kecerdasan logis matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu soal tes berpikir divergen dan angket kecerdasan logis matematis.
Subjek dipilih dari peserta didik kelas VIII-C di SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang
berjumlah 3 peserta didik. Subjek yang dipilih yaitu peserta didik yang mampu
menyelesaikan soal tes berpikir divergen sampai selesai tanpa melihat jawaban benar
atau salah dan hasil angket kecerdasan logis matematis yang memenuhi kategori tinggi,
sedang dan rendah, serta subjek kemampuan subjek dalam mengungkapkan gagasan atau
ide secara verbal maupun tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa: (1) berpikir divergen subjek yang memiliki kecerdasan logis matematis
tinggi (S-7) memenuhi semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality dan
elaboration dengan mengahsilkan jawaban yang benar dan tanpa mengalami kesulitan.
(2) Berpikir divergen subjek yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang (S-6)
memenuhi semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration dengan
menghasilkan jawaban yang benar, namun pada indikator originality terdapat kekeliruan
dalam penyelesaiannya (3) Berpikir divergen subjek yang memiliki kecerdasan logis
matematis rendah (S-15) memenuhi semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality
dan elaboration, belum mampu menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi
dengan benar. Pada indikator flexibility terdapat kekeliruan dalam penyelesaiannya dan
pada indikator originality tidak dapat menjelaskan penyelesaianya.
Kata kunci: Analisis, Berpikir Divergen, Kecerdasan Logis Matematis