Abstract :
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah siswa merasa tidak
nyaman pada saat menggunakan bola, dan peserta didik hanya terpaku kepada
guru. Bola yang berat menjadikan siswa kurang bisa melakukan gerakan yang
efektif pada saat memantulkan bola rata-rata bola itu dipukul, ketika lari tangan
dan pantulan bola tidak seirama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
cara meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket dengan menggunakan
menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw pada siswa
kelas XII IPA 6 SMA Negeri 2 Ciamis. Metode penelitian ini adalah metode
penelitian tindakan kelas dalam kurun waktu lebih dari satu dasawarsa.
Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, maka di ketahui Pada
siklus I hasil observasi aktivitas siswa mencapai (56%), dan pada siklus II mencapai
(86%) dan berada pada kategori sangat baik, ini menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil
belajar mata pelajaran penjas pada siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 2 Ciamis.
Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe Jigsaw