Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Azizah, Nimas Ayu Ainun Nafisatul
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2023-07-26 00:55:06
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT Bank
Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Blora dan mengetahui hambatan serta
solusi dalam strategi bauran pemasaran layanan Bima Mobile pada PT Bank
Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Blora. Metode penelitian yang
dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik yang
digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi lapangan dan studi kepustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran layanan Bima
Mobile pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Blora
menggunakan bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product, price, place,
promotion, people, process dan physical evidence. Hambatan yang dihadapi dalam
memasarkan produknya ialah pada saat melakukan promosi Bima Mobile ke
nasabah sering ditolak dan gagalnya aktivasi Bima Mobile, karena kebanyakan
nasabah sudah mengganti nomor teleponnya. Adapun saran penulis yaitu nasabah
harus mempersiapkan persyaratan untuk melakukan aktivasi Bima Mobile serta
melakukan pembaharuan smartphone yang mendukung untuk mendownload
aplikasi tersebut dan seluruh karyawan Bank ikut serta mempromosikan Bima
Mobile, agar mencapai target yang sudah ditentukan pihak Bank.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bima Mobile.