Abstract :
Masalah pokok terkait penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesusah perlakuan serta
perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan
media Wordwall dan kelas kontrol dengan model konvensional setelah perlakuan.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, menggunakan teknik purpose sampling
dengan jumlah peserta didik 72 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
adalah soal pada mata pelajaran ekonomi berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal.
Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 25 yaitu uji paired
sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga
dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar
peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Wordwall setelah diberikan
perlakuan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran
Konvensional setelah selesai pembelajaran.
Kata kunci : Kooperatif, Teams Games Tournament, Wordwall