Abstract :
Penelitian dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di
SMA Negeri 1 Singaparna, yakni tentang prestasi belajar peserta didik yang
rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang tidak
mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan pada mata
pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian
diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta
didik. Penelitian ini menggunakan metode survey desain eksplanatori. Populasi
penelitian merupakan peserta didik kelas X yang berjumlah 368 peserta didik.
Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik probability
sampling jenis proportional simple random sampling dengan menggunakan rumus
slovin, kemudian diperoleh sampel sebanyak 192 peserta didik. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) penyesuaian diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi
belajar peserta didik 2) motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar peserta didik 3) resiliensi akademik berpengaruh signifikan
terhadap prestasi belajar peserta didik 4) penyesuaian diri, motivasi berprestasi
dan resiliensi akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta
didik.
Kata Kunci: Prestasi, Penyesuaian Diri, Motivasi, Resiliensi