Abstract :
Masalah dalam penelitian ini mengenai prestasi belajar pada mahasiswa,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecanduan Media
Sosial dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain penelitian
survei eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan
2019 berjumlah 104 orang. Adapun teknik pengumpulan sampel yang digunakan
yaitu Sampel Jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menjadikan seluruh
populasi untuk dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data
menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi
Linear Berganda dengan Uji T dan Uji F. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa
Prestasi Belajar menunjukan kategori tinggi sebesar 10.111, Kecanduan Media
Sosial menunjukan kategori tinggi sebesar 9.588 dan Manajemen Waktu
menunjukan kategori tinggi sebesar 8.540. Hasil Uji Parsial menunjukan
Kecanduan Media Sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi
Belajar dengan nilai signifikansi 0,329, Manajemen Waktu berpengaruh secara
signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikansi 0,000 dan Hasil Uji
Simultan menunjukan bahwa Kecanduan Media Sosial dan Manajemen Waktu
berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai signifikansi
0,000. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara signifikan dari
Kecanduan Media Sosial dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar dengan
koefisien determinasi sebesar 64%.
Kata Kunci : Kecanduan, Media, Sosial, Manajemen, Waktu, Prestasi,
Belajar