Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Profitabilitas, Likuiditas,
Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik
dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun
2015-2021, dan pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan secara
simultan dan parsial terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor
Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
tahun 2015-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif,
kuantitatif dengan pendekatan survey serta menggunakan data sekunder. Teknik
penarikan sampel penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling
sehingga diperoleh sampel 5 perusahaan dari populasi sebanyak 9 perusahaan.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data panel dengan
alat bantu software Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1)
Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan menunjukan
hasil yang berfluktuasi. (2) Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. (3) Profitabilitas
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan,
Likuiditas secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai
Perusahaan, Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan
terhadap Nilai Perusahaan.
Kata kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan