Abstract :
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk
memudahkan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
biologi berupa chatbot website pada materi jaringan tumbuhan dan menguji
kelayakan serta menguji efektivitasnya pada peserta didik. Penelitian
pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan,
yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Data dalam
penelitian ini didapatkan melalui wawancara, penyebaran angket, dan tes,
sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa chatbot
website pada materi jaringan tumbuhan yang berdasarkan hasil validasi dari ahli
media mendapatkan penilaian dengan persentase sebesar 91% termasuk ke dalam
kategori ?sangat layak?, dari hasil penilaian ahli materi mendapatkan persentase
86,5% termasuk ke dalam kategori ?sangat layak? dan dari respon peserta didik
mendapatkan persentase 97,7% termasuk ke dalam kategori ?sangat layak?.
Selanjutnya dari hasil analisis uji efektivitas produk media pembelajaran, untuk
hasil uji t diproleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat
perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dan posttes kemudian untuk rata-rata
gain diperoleh nilai 0,77 yang termasuk ke dalam nilai kategori ?tinggi? sehingga
dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran chatbot website pada materi
jaringan tumbuhan sangat layak dan memiliki efektivitas yang tinggi untuk
digunakan sebagai media pembelajaran
Kata Kunci : efektivitas, kelayakan, media, chatbot website, jaringan tumbuhan