Abstract :
Masalah dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang sering kali melakukan
tindakan perilaku kecurangan akademik dalam menempuh studi di bangku kuliah.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh dari tekanan, kesempatan,
rasionalisasi, kemampuan, dan arogansi terhadap perilaku kecurangan akademik
pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2020, 2021, dan 2022
secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis
survey dengan desain yaitu survey eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini
yaitu seluruh Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Angkatan 2020,
2021, dan 2022. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
Probability Sampling dengan metode Proportionate Stratified Sampling yang
berjumlah 188 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 26.0 for
Windows. Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh
yang signifikan dari tekanan terhadap perilaku kecurangan akademik dengan nilai
signifikansi sebesar 0,046 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kesempatan
terhadap perilaku kecurangan akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 3)
Terdapat pengaruh yang signifikan dari rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan
akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 4) Terdapat pengaruh yang
signifikan dari kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 5) Terdapat pengaruh yang signifikan dari arogansi
terhadap perilaku kecurangan akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,030
Kata Kunci: Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Arogansi,
Perilaku Kecurangan Akademik.