Abstract :
Masalah dari penelitian ini berawal dari kesulitan belajar mahasiswa yang difokuskan pada
kemampuan matematis mahasiswa khususnya pada mata kuliah teori ekonomi mikro.
Dengan berbagai latar belakang perbedaan kemampuan setiap mahasiswa, diantaranya
berasal dari motivasi belajar, aktivitas belajar dan teman sebaya. Metode penelitian ini
menggunakan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2019, 2020 dan
2021 yang berjumlah 323 mahasiswa dengan sampel 179 mahasiswa. Adapun teknik
pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan
dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan analisis statistik uji regresi linier
berganda serta uji hipotesis dengan uji F (Stimultan), uji t (parsial). Berdasarkan hasil
penelitian, diketahui nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini yaitu 0,643
atau 64,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Motivasi belajar berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi
mikro. 2) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan
matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. 3) Teman sebaya
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata
kuliah teori ekonomi mikro. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan bersama ? sama
antara motivasi belajar, aktivitas belajar dan teman sebaya terhadap kemampuan matematis
mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Kemampuan Matematis, Motivasi Belajar, Teman Sebaya