Abstract :
WULAN PERMATASARI. 2023. PENGARUH DIGITAL PAYMENT DAN E?COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z
(STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS SILIWANGI). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Agama Islam.
Digital payment dan E-Commerce merupakan faktor yang memengaruhi
perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
digital payment dan e-commerce terhadap perilaku konsumtif generasi z pada
mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, baik secara parsial
maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu motode kuantitatif. Data
dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas
Siliwangi yang menggunakan aplikasi digital payment dan e-commerce serta
berperilaku konsumtif. Hasil kuesioner diolah menggunakan aplikasi SPSS versi
26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Digital payment memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig 0,000
< 0,05 dan nilai koefisiensi determinasi sebesar 26% 2) E-Commerce memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig 0,000
< 0,05 dan nilai koefisiensi determinasi sebesar 55,5% 3) Digital payment dan E?Commerce mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif
dengan nilai R square sebesar 56,9%.
Kesimpulannya adalah digital payment dan e-commerce berpengaruh
terhadap perilaku konsumtif generasi z pada mahasiswa Fakultas Agama Islam
Universitas Siliwangi, baik secara parsial maupun simultan, sehingga semua
hipotesis pada penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Digital Payment, E-Commerce, Konsumsi Islam,
Generasi Z.