DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DIGITAL PAYMENT DAN E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS SILIWANGI)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
PERMATASARI, WULAN
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-07-27 01:23:54 
Abstract :
WULAN PERMATASARI. 2023. PENGARUH DIGITAL PAYMENT DAN E?COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS SILIWANGI). Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam. Digital payment dan E-Commerce merupakan faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital payment dan e-commerce terhadap perilaku konsumtif generasi z pada mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan yaitu motode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi yang menggunakan aplikasi digital payment dan e-commerce serta berperilaku konsumtif. Hasil kuesioner diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Digital payment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisiensi determinasi sebesar 26% 2) E-Commerce memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisiensi determinasi sebesar 55,5% 3) Digital payment dan E?Commerce mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai R square sebesar 56,9%. Kesimpulannya adalah digital payment dan e-commerce berpengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi z pada mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi, baik secara parsial maupun simultan, sehingga semua hipotesis pada penelitian ini diterima. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Digital Payment, E-Commerce, Konsumsi Islam, Generasi Z. 
Institution Info

Universitas Siliwangi