Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara self
confidence terhadap kemampuan komunikasi, (2) hubungan antara self efficacy
terhadap kemampuan komunikasi, (3) hubungan antara self confidence dan self
efficacy terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran biologi
di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 7 Tasikmalaya. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas X
MIPA SMAN 7 Tasikmalaya 2021/2022. Sampel yang digunakan dipilih dengan
menggunakan teknik porposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2.
Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner untuk mengukur self confidence
sebanyak 30 pernyataan, self efficacy sebanyak 36 pernyataan dan kemampuan
komunikasi verbal sebanyak 35 pernyataan. Analisis data menggunakan korelasi
pearson product moment dilanjut dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan
(1) terdapat hubungan antara self confidence terhadap kemampuan komunikasi,
dengan koefisien korelasi (r1) yang diperoleh sebesar 0,430 dan kontribusi yang
diberikan sebesar 18,5%, (2) terdapat hubungan antara self efficacy terhadap
kemampuan komunikasi, dengan koefisien korelasi (r2) yang diperoleh sebesar
0,449 dan kontribusi yang diberikan sebesar 20,2%. Dan (3) terdapat hubungan
antara self confidence dan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi peserta
didik pada pembelajaran biologi, dengan korefisien korelasi (R) yang diperoleh
sebesar 0,536 dan kontribusi yang diberikan sebesar 28,7%. Berdasarkan koefisien
korelasi yang diperoleh pada setiap tujuan penelitian, maka koefisien interpretasi
dalam penelitian ini tergolong hubungan korelasi yang sedang.
Kata Kunci : Self Confidence, Self efficacy, Kemampuan Komunikasi, Biologi,
Korelasional.