Abstract :
Intan Permata Suci. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Probing?Prompting Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan
Menyimpulkan Isi Gagasan pada Teks Diskusi (Eksperimen pada Peserta
Didik Kelas IX MTs Negeri 10 Ciamis Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan
Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Siliwangi.
Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas IX adalah teks
diskusi. Kompetensi dasar yang berkaitan dengan teks diskusi adalah kompetensi
dasar 3.9 Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari
permasalahan aktual yang dibaca dan didengar dan kompetensi dasar 4.9
Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra
serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh
model pembelajaran Probing-Prompting terhadap kemampuan mengidentifikasi
informasi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi peserta didik kelas IX MTs
Negeri 10 Ciamis. Metode penelitian yang penulis gunakan yakni metode eksperimen
semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara,
observasi, dan tes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri 10
Ciamis tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX-F
yang berjumlah 28 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IX-G yang
berjumlah 28 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Prates kelas eksperimen
sebesar 50,75 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 90,47 dalam pembelajaran
mengidentifikasi informasi teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas eksperimen
sebesar 43,39 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 81 dalam pembelajaran
menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas kontrol sebesar
50,43 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 87,04 dalam pembelajaran mengidentifikasi
informasi teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas kontrol sebesar 42,93 dan nilai
rata-rata Pascates sebesar 79,21 dalam pembelajaran menyimpulkan isi gagasan teks
diskusi.
Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0.000 < 0,05.
Persentase pengaruh penerapan model pembelajaran Probing-Prompting di kelas
eksperimen sebesar 82%. Sedangkan pengaruh model pembelajaran Discovery
Learning di kelas kontrol sebesar 78%. Hal ini menunjukkan bahwa model
pembelajaran Probing-Prompting lebih berpengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi.
Artinya, hipotesis penelitian ini diterima