Abstract :
Media pembelajaran mengenai materi Sistem Kerja Piston Pada Sepeda
Motor 2 Tak yang menggunakan teknologi digital belum terlalu banyak. Banyak
guru di sekolah yang masih menggunakan metode pembelajaran tradisional seperti
pembelajaran dengan gaya ceramah, belajar mandiri dengan menggunakan buku
paket, dan praktikum. Gambar yang ditampilkan di buku paket hanya gambar 2D,
dan gambar di buku tidak bisa menampilkan dengan jelas mengenai bagian-bagian
Sistem Kerja Piston Pada sepeda Motor 2 Tak. Penelitian ini bertujuan untuk
membangun aplikasi tentang pembelajaran Sistem Kerja Piston Pada Sepeda Motor
2 Tak yang menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode Markerless.
Aplikasi pembelajaran Sistem Kerja Piston Pada Sepeda Motor 2 Tak ini dibuat
untuk platform android dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi
MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi Augmented Reality bisa
menjadi metode pembelajaran yang baru untuk menyampaikan materi sistem kerja
piston pada sepeda motor 2 tak kepada siswa. Berdasarkan pengujian menggunakan
System Usability Scale (SUS) aplikasi Sistem Kerja Piston Pada Sepeda Motor 2
Tak mendapatkan rata-rata nilai 71 dari 84 responden, dimana dari segi
Acceptability Range aplikasi ini termasuk kategori Acceptable, dari segi Grade
Scale berada pada posisi Grade C sedangkan pada posisi Adjective Rating berada
pada posisi Good.
Kata Kunci: Piston, Augmented Reality, MDLC (Multimedia Development Life
Cycle), System Usability Scale (SUS)