Abstract :
FEGA FAZKIA MAULANI MINWARI 2022. Strategi Pengembangan Kawasan
Objek Wisata Batu Mahpar di Desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari
Kabupaten Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Univesitas Siliwangi.
Faktor dikembangkan menjadi objek wisata Batu Mahpar adalah kawasan tersebut
memiliki Batu Mahpar, air terjun yang merupakan fenomena alam berupa batu yang
terhampar mengikuti aliran sungai, memiliki curug atau air terjun, serta panorama
alam yang masih asri. Terdapat beberapa hambatan bagi objek wisata Batu Mahpar
diantaranya kurangnya penunjang objek wisata berupa transportasi umum untuk
mengunjungi objek wisata dan tidak tersedia souvenir. Tujuan penelitian yaitu
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan objek wisata
Batu mahpar, dan untuk mengetahui strategi pengembangan objek wisata Batu
Mahpar. Manfaat dari penelitian adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat
menjadi referensi dalam bidang ilmu pengetahuan geografi. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan study litelatur. Populasi dan
sampel masyarakat Desa Linggawangi menggunakan teknik random sampling,
pengunjung menggunakan teknik accidental sampling. Pengelola dan Kepala Desa
Linggawangi menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data
menggunakan metode analisis sederhana persentase (%) serta analisis SWOT. Hasil
penelitian menunjukan bahwa objek wisata Batu Mahpar memiliki faktor
pendukung seperti terdapat Batu Mahpar serta air terjun, beberapa area hiburan, dan
wisata edukasi, terdapat pula beberapa hambatan seperti kurangnya penunjang
objek wisata, dan tidak tersedia souvenir. Adanya strategi pengembangan objek
wisata Batu Mahpar yaitu dengan menurunkan harga tiket, membangun dan
meningkatkan sarana dan prasarana, serta menciptakan wahana wisata sebagai daya
tarik yang baru.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Objek Wisata, Batu Mahpar